Merancang kartu undangan

Baca Juga


Saat kita ingin mengadakan pesta pernikahan, maka satu hal yang harus jauh-jauh hari kita siapkan adalah kartu undangan pernikahan, setidaknya dua bulan sebelumnya desain undangan sudah fix.

Biasanya undangan pernikahan dengan menggunakan media kertas, karena masih dianggap efektif untuk mengabarkan berita gembira ini. Meski, saat ini sudah mulai muncul undangan dalam bentuk elektronik, seperti dalam bentuk CD, maupun diupload di YouTube, Path, Facebook atau social media yang lain. Seringnya sih sekarang malah lewat facebook ya? Tinggal create event, undang sana-sini, jadi deh, tidak perlu repot-repot kirim undangan ke luar kota, efektif dan ekonomis, tentunya!


Sebelum kamu memesan undangan pernikahan, yang perlu kamu lakukan adalah menentukan desainnya. kamu bebas dalam menuangkan ide kamu, baik dari warna, ukuran, bentuk, kata-kata, foto dan sebagainya. Cobalah berinovasi atau menyerahkan hal ini pada ahlinya. Pastinya kamu menginginkan undangan yang kamu bagikan nantinya terkesan unik dan eksklusif bukan?

Berikut beberapa poin yang bisa kamu gunakan sebagai bahan pertimbangan:

  1. Warna
    Dengan warna yang hitam putih pun, sebenarnya bisa menghasilkan nuansa eksklusif dan klasik, asalkan ditangani oleh desainer yang piawai, tetapi jika kamu ingin mempertegas tema pernikahan kamu melalui undangan yang lebih colorful, kamu bisa memulai memilihnya sekarang, sesuaikan dengan tema pernikahan kamu, disamakan dengan warna gaun pengantin, mungkin, kenapa tidak?

  1. Bentuk
    Masalah bentuk juga akan berpengaruh dalam proses pengerjaan desain kartu undangan. Semakin rumit bentuk undangan, maka harganya pun akan semakin mahal.

  1. Material/ bahan
    Harga kartu undangan akan tergantung dari bahannya, misalnya saja, jenis kertas, jenis tinta, jumlah warna yang kamu gunakan dan juga tingkat kesulitan pengerjaan, semua poin yang disebutkan akan mempengaruhi harga undangan yang kamu pesan. Jadi bijaklah memilih material yang sesuai dengan budget kamu.

  1. Elemen pendukung
    pada saat memesan undangan, tanyakan apakah kamu mendapatkan elemen pendukung sekaligus. Misalnya: amplop, kertas label, ucapan terimakasih atau bahkan buku tamu. Elemen pendukung ini juga menentukan harga undangan, karena pengerjaannya bersamaan dengan undangan, setidaknya menggunakan desain dan kertas yang sama dengan yang dipakai untuk undangan.


Setelah memesan, ingatlah untuk meminta contoh atau dummy hasil undangan pernikahan, ini untuk meminimalisir adanya kesalahan tulis dan cetak. Yang perlu diperhatikan sebelum mencetak undangan:

  1. Nama kedua calon pengantin beserta orang tua masing-masing
  2. Hari dan tanggal pernikahan (akad nikah dan resepsi)
  3. Nama Tempat dan alamat (akad nikah dan resepsi)
  4. Denah lokasi dan kontak person (jaga-jaga bila ada tamu yang nyasar).
Ada yang kami lewatkan dari beberapa point diatas? Silahkan ditambahkan di kolom komentar ya, semoga sukses!





0 comments :

Post a Comment

silahkan berkomentar..