Menghitung tamu undangan

Baca Juga



Salah satu hal yang sangat penting dalam suatu acara pernikahan adalah kehadiran tamu undangan. Tanpa kehadiran tamu yang sudah kita undang, maka pesta pernikahan tidak akan meriah dan berkesan. Menghitung undangan memang seringkali membuat kita bingung, siapa saja yang harus diundang? ada beberapa hal yang harus kita perhatikan sebelum membuat daftar tamu undangan:

1. Daftar rinci tamu per kategori
Misalnya: keluarga pengantin pria, keluarga pengantin perempuan, teman pengantin pria, teman pengantin perempuan, rekan kerja, tetangga, dll.

2. Urutan prioritas dan besarnya kemungkinan tamu tersebut datang ke acara.
Keluarga dan kerabat terdekat
Sahabat karib anda
Relasi orang tua
Rekan kerja dan relasi anda
Tetangga
Teman lama

3. Realistis
Total tamu yang akan diundang tidak boleh melebihi total budget dan juga kapasitas ruangan. Selain itu juga berkaitan dengan budget katering yang sudah kami bahas di artikel "Memilih Wedding Catering" yang membahas bagaimana memilih dan menghitung porsi untuk para undangan.



Pembatasan jumlah undangan sudah wajar terjadi, sebaiknya komunikasikan hal tersebut dengan keluarga pasangan, jangan salah satu keluarga saja yang menjadi “korban” pemangkasan tamu undangan, tetapi kedua belah pihak sebaiknya sepakat untuk mengurangi jumlah tamunya.

Langkah pertama, amati tamu-tamu dalam daftar undangan, beri tanda pada nama-nama yang wajib diundang sesuai dengan yang sudah dijabarkan diatas, kemudian daftar nama yang tersisa adalah undangan tidak wajib, yang bisa kalian pilih dengan menjawab pertanyaan berikut:

1. Bertemu dalam satu tahun terakhir
2. Berbicara dalam enam bulan terakhir
3. Tahun lalu, apakah kalian mengucapkan selamat hari raya/ tahun baru kepadanya?

Jika dari ketiga pertanyaan diatas, semua jawabannya adalah “tidak”, maka kalian boleh untuk tidak mengundangnya.




Yang harus anda ingat adalah, rata-rata tamu undangan datang dengan pasangannya, jadi perkiraan jumlah tamu undangan yang datang ke pesta pernikahan anda adalah dua kali lipat dari yang telah anda tulis.


Berikut adalah contoh kolom untuk menuliskan daftar tamu undangan, perhatikan penulisan gelar dan ejaan nama karena hal ini seringkali terjadi salah tulis.


Setelah tamu undangan tertulis semua, tinggal di print kemudian anda bubuhkan checklist pada kolom yang tersedia untuk memeriksa bahwa semua tamu yang anda undang sudah anda kirimi undangan.




0 comments :

Post a Comment

silahkan berkomentar..